Resep Dan Cara Membuat Es Oyen Khas Kota Bandung Yang Super Lezat

Resep Dan Cara Membuat Es Oyen Khas Kota Bandung Yang Super Lezat
Es Oyen Khas Kota Bandung Super Lezat

Halo para sahabat Aneka Resep Ibuku semuanya,gima nih kabar anda semuanya?semoga selalu dalam lindungannya yah sob,Aammin YYRA.Sobat semua sudah tahu belum dengan yang namanya es oyen?.Takutnya belum ada yang tahu,yaudah sekarang admin kasih tahu dulu yah.
Es Oyen ini sebenarnya termasuk ke dalam es campur, hanya
saja es satu ini dibuat oleh salah satu rumah makan terkenal dari Bandung, yakni Warung Pak Oyen 18. Tampilannya juga tidak jauh berbeda dengan es campur ataupun es teler yang banyak dijual saat ini.
Berlokasi di Jalan Sukajadi Bandung, rumah makan Pak Oyen tidak pernah sepi dengan pengunjung. Sebenarnya menu disini tidak hanya es Oyen, Anda pun bisa menikmati menu es lainnnya sob,seperti mulai dari: es doger, es teller, es dawet, dan
masih banyak lagi.
Pada tahun 1954 Pak Oyen (pemilik warung) pertama kalinya menjual minuman satu ini secara berkeliling menggunakan gerobak. Dari rumah ke rumah beliau menjual minuman segar satu ini sambil berkeliling ke pelosok Kota Bandung.Hingga pada tahun 1962, es Oyen mulai dikenal luas oleh masyarakat kota Bandung. Kemudian Pak Oyen berencana mendirikan sebuah rumah makan yang mana di dalamnya menyediakan berbagai menu olahan es, termasuk salah satunya adalah es Oyen ini.
Es Oyen tergolong sebagai minuman yang memiliki rasa unik dan khas, berbeda dengan es campur pada umumnya. Minuman satu ini memiliki rasa manis dan segar yang pas. Rasa nikmat tersebut didapatkan dari potongan nangka, alpukat, kolang-kaling, pacar cina, kelapa muda, susu kental manis, es serut, dan masih banyak lagi.Nah berbicara soal es oyen ini,pastinya sobat penasaran kan dengan es oyen ini?.Nah kali ini admin akan berbagi artikel mengenai resep dan cara membuat es oyen khas kota Bandung super lezat dan praktis sob,jika sobat semua berminat,langsung aja yah sobat semua siapin dulu yah bahan-bahannya,awas jangan sampai ada yang ketinggalan yah sob,hehe.

Bahan-Bahan :
1. 2 buah alpukat, kerok sesuai dengan selera
2. 1 bungkus muntiara
3. 1 buah kelapa muda, kerok sesuai dengan selera
4. ½ buah kelapa, ambil santannya
4. ¼ kg buah nangka, potong sesuai dengan selera
6. ¼ kg gula pasir
7. Air secukupnya
8. Es batu secukupnya, serut
9. Susu kental manis

Nah bahan-bahannya sudah pada siap,langsung aja yah sobat semua praktekin cara pembuatannya,sekamat mencoba yah sob.

Cara Membuat Es Oyen Khas Kota Bandung Super Lezat :
.Pertama-tama rebus air bersama dengan gula pasir, sisihkan. Selanjutnya rebus santan hingga mendidih, angkat dan sisihkan.
.Setelah itu rebus mutiara hingga matang, angkat dan sisihkan lagi yah sob, masukan semua bahan-bahan aneka buah dalam mangkuk saji.
.Lalu tambahkan serutan es batu diatasnya, siramkan rebusan air gula dan santan diatasnya, dan terakhir tambahkan susu kental manis yah sob.

Es oyen super lezatpun siap untuk disantap ataupun dihidang,demikian artikel mengenai resep dan cara membuat es oyen khas kota Bandung yang super lezat ini saya buat,semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua,salam blogger.
Previous
Next Post »