Resep Sate Klathak Khas Yogyakarta Super Enak

Resep Sate Klathak Khas Yogyakarta Super Enak

Sobat semua pasti ada yang tahu dan ada pula yang enggak tahu dengan sate ini kan?bila sobat ada yang tidak tahu kali ini admin akan menjelaskan dulu yah sob.Sate klathak adalah sate khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta.Sebelum dibakar,sate klathak
hanya dilumuri dengan garam dan tidak dibumbui dengan kecap atau saus kacang.Tusuk sate yang digunakan pun sangat unik.Sate klathak tidak menggunakan tusuk kayu sebagai tusuknya tetapi besi jeruji sepeda.Sate ini dinamakan sate klathak karena terdengar bunyi berkletak seperti besi terbakar yang dihasilkan saat proses pembakaran. Daging kambing sate klathak ini sangat enak karena matang secara merata dan sangat empuk.Hal tersebut dikarenakan daging kambing yang dibakar terkena panas secara merata dari besi jeruji sepeda yang
digunakan sebagai tusuk sate.Nah kali ini admin akan bernagi resep sate ini yah sob,jika sobat sudah tidak sabar lagi lamgsung aja yuk kita lihat petunjuka bahan-bahan dan cara pembuatan sate klathak super enak,lezat,nikmat dan menggugah selera nafsu makan anda sob.

Bahan-Bahan:
1.250 gram daging kambing muda (kalau yang tua biasanya agak alot sob)
2.1 sendok makan garam halus
3.1 sendok makan merica bubuk
4.8 buah jeruji besi untuk tusuk satenya sob

Bahan Untuk Membuat Gulai:
1.2 sendok makan minyak goreng
2.500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
3.2 lembar daun salam
4.1 tangkai serai memarkan
5.2 cm lengkuas
6.3 lembar daun jeruk
7.2 sendok makan air asam jawa

Bahan Bumbu Yang Dihaluskan:
1.5 cabai merah besar
2.8 butir bawang merah
3.5 siung bawang putih
4.2 sendok teh kunyit,dicincang
5.1 sendok teh garam
6.1/2 sendok teh merica bubuk
7.1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Sate Klathak Khas Yogyakarta Super Enak:
.Pertama-tama potong daging kambing kecil-kecil,kemudian tusuk daging dengan tusuk sate dari jeruji yang sudah di cuci bersih.
.Setelah itu taburi dengan garam halus dan merica bubuk,itu juga kalau sobat semua jika ingin menambah rasa pedas yah sob,kalau ga mau pedas ga usah pake yah sob.
.Setelah itu panggang diatas bara sekitar 5-10 menit atau sampai
matang yah sob.

Jika sobat sudah melakukan cara membuat satenya tinggal membuat gulainya yah sob

Cara Membuat Gulai:
.Pertama-tama panaskan minyak goreng,lalu tmis bumbu yang sudah dihaluskan tadi sampai harum.
.Kemudian masukkan salam,lengkuas,serai dan daun jeruk,lalu masukkan santan,masak hingga bumbu merata dan kuah menyusut.masak sebentar,kemudian angkat yah sob.
.Kemudian sajikan gulai dengan sate klathak yang sudah matang yah sob,dan sate klathak khas yogya pun siap untuk disantap ataupun dihidangkan.

Nah gimana cukup mudah kan sob?awas anda siapin dulu yah tusuk satenya,soalna bukan seperti sate yang biasa pake tusuk bambau tapi jeruji sepeda yah sob.Demikian resep sate klathak ini saya buat,semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua,salam blogger.
Previous
Next Post »