Resep Dan Cara Membuat Kue Pulau Srikaya Yang Super Enak


Resep Dan Cara Membuat Kue Pulau Srikaya Yang Super Enak
Kue Pulau Srikaya


Selamat siang para sahabat Aneka Resep Ibuku semuanya,gimana kabarnya nih?semoga selalu berada didalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa yah sob,Ammiinn YYRA.Nah pada kesempatan kali ini saya selaku admin akan membuat ataupun membagikan artikel mengenai resep dan cara membuat kue pulau srikaya yang super enak,lezat dan cocok untuk berbuka puasa nanti ataupun lebaran nanti yah sob.Nah jika sobat semua sudah tidak sabar ingin mencoba membuat ataupun mencoba betapa enak dan lezatnya kue ini,langusng aja yah sobat semua semua tinggal siapin dulu yah bahan-bahannya,awas jangan sampai ada yang ketinggalan yah sob.

Bahan-Bahan :

Untuk Adonan A :

1. 175 gram tepung beras
2. 25 gram tepung maizena
3. 200 gram gula jawa di serut
4. 500 cc air
5. 2 lembar daun pandan wangi
6. 1 sendok teh kapur sirih
Yang air,daun pandan wangi dan kapur sirih dicampur menjadi satu,lalu rebus sampai mendidih ,dan masukan gula jawa,setelah itu saring yah.

Untuk Adonan B :
1. 200 cc santan kental ( dari ½ butir kelapa )
2. 3 lembar daun pandan wangi
3. 50 gram tepung beras

Untuk Adonan C :
1. 3 butir telur ayam kampong
2. 300 santan ( dari ½ butir kelapa )
3. 20 gram tape beras ketan hijau (dan masukan juga airnya )
4. Vanili sedikit

Untuk Peralatannya :
1. Cetakan kecil atau mangkuk,tengahnya berlubang sekitar diameter 6 cm
2. 2 loyang pyrex bundar,diameter 25 cm dan tebal 5cm

Nah bahan-bahan dan peralatannya sudah pada siap semua,pastinya anda sudah tidak sabar kan ingin memulai mencoba membuatnya,yaudah langsung aja yah sobat semua tinggal ikuti langkah-langkah dibawah ini yah sob.

Cara Membuat Kue Pulau Srikaya Ala Aneka Resep Ibuku Yang Super Enak :
 Untuk Adonan A :

  • Tepung beras dan maizena dicampur menjadi satu,lalu masukan air gula panas sambil di uleni hingga adonan tercampur rata,setelah itu tambahkan air kapur sirih.

  •  Lalu siapkan cetakan kecil yang berdiameter 6 cm tadi dan alasi dengan minyak goreng,kemudian masukan adonan kedalam cetakan.Kukus selama 20 menit sampai adonan agak padat ( setengah matang ),setelah itu angkat  dan lepaskan dari cetakan,balikan kue sehingga bagian yang berluban berada diatas yah sob.Sisihkan

Untuk Adonan B  :

  • Masak santan,garam,daun pandan wangi diatas api kecil,sambil diaduk terus yah sob,didihkan dan angkat.Lalu masukan tepung beras yang telah dilarutkan dengan sedikit air hangat,kemudian ratakan.Setelah itu tuangkan adonan B kedalam lubang kue adonan A sampai seluruh lubang tertutup.

Untuk Adonan C :

  • Kocok telur bersama gula pasir  sampai larut,lalu tambahkan vanili,kemudian tuang santan dan masukan tape beras ketan hijau bersam airnya.

Cara Menyelesaikannya :

  • Siapkan Loyang pyrex yang berdiameter 25 cm dan tebal 5 cm,lalu atur kue A yang berisi adonan B,kemudian tuang dengan adonan C,sehingga seluruh permukaan kue tampak terendam.

  • Setelah itu kukus kembali selama 30 menit sampai kue pulau srikaya matang seluruhnya.

Cara Menghidangkannya :

  • Potong-potong sesuai banyak kue A ( berbentuk mangkuk ).

Nah kue pulau srikaya pun siap untuk disantap ataupun dihidangkan,demikian artikel mengenai resep dan cara membuat kue srikaya yang super enak ini saya buat,semoga artikel ini bias bermanfaat untuk anda semua,salam blogger.
Previous
Next Post »